• Senin, 29 November 2021

Kisah Peternak Ayam Ditangkap Polisi Karena Poster

- Selasa, 14 September 2021 | 10:46 WIB
, Ketua DPD RI, AA LaNyalla Mahmud Mattalitti. (foto: Dok. Pribadi)
, Ketua DPD RI, AA LaNyalla Mahmud Mattalitti. (foto: Dok. Pribadi)

FOKUS BERITA, Bandung – Seorang peternak ayam asal Blitar, Jawa Timur harus berurusan dengan kepolisian karena bentangan sebuah poster.

Peternak ayam berinisial S itu digelandang polisi lantaran membentangkan poster bertuliskan “Pak Jokowi Bantu Peternak Beli Jagung dengan Harga Wajar”, saat iring-iringan Presiden Joko Widodo (Jokowi) melintas di Jalan Moh Hatta Blitar, Selasa (7/9/2021), lalu.

Atas insiden itu, Ketua DPD RI, AA LaNyalla Mahmud Mattalitti buka suara. Dia menilai penangkapan seorang S itu terlalu berlebihan.

“Polisi tidak perlu bertindak repressif. Pria berinisial S yang merupakan anggota asosiasi peternak ayam hanya menyampaikan aspirasi,” kata LaNyalla, melalui pesan tertulisnya, Selasa (14/9/2021).

LaNyalla menilai, masyarakat memerlukan jalan penyaluran aspirasi atas kesulitan yang dihadapi. Menurutnya, jika seseorang ditangkap karena menyampaikan aspirasi, hal tersebut telah menciderai demokrasi.

“Tentunya tidak adil jika seorang warga yang menyuarakan aspirasinya lalu ditangkap karena dinilai tidak etis,” tambah LaNyalla.

Terlebih, imbuhnya, aspirasi yang disampaikan pria tersebut merupakan persoalan mendesak yang dihadapi para peternak telur, yang selama ini ikut berjasa menggerakkan perekonomian nasional melalui penyediaan pangan yang baik untuk masyarakat.

“Keluhan yang disampaikan peternak itu sekitar masalah melambungnya harga jagung, sehingga menyebabkan kerugian karena penjualan telur ayam cenderung terus menurun,” katanya.

Senator asal Jawa Timur itu mengingatkan agar pemerintah menghindari sikap arogan. Menurutnya, aksi penyampaian aspirasi masyarakat yang dilarang dan ditangkap tetapi tidak diberikan solusi akan menjadi bom waktu jika pemerintah sering bertindak keras kepada masyarakat yang ingin menyampaikan keluhannya.

Halaman:

Editor: Bonni Hermawan

Tags

Terkini

Ternyata Kinerja Ekspor Indonesia Catat Rekor, Wow

Kamis, 16 September 2021 | 15:27 WIB

Kisah Peternak Ayam Ditangkap Polisi Karena Poster

Selasa, 14 September 2021 | 10:46 WIB

Kasus Covid-19 di Cilengkrang Turun Drastis

Senin, 13 September 2021 | 22:47 WIB
X