• Senin, 29 November 2021

Menghadapi Musim Hujan, Ini Beberapa Hal yang harus Disiapkan

- Selasa, 14 September 2021 | 11:24 WIB
Ilustrasi foto membersihkan saluran air (Dutatv.com)
Ilustrasi foto membersihkan saluran air (Dutatv.com)

 

Fokusberita.com-Bulan September ini hujan mulai turun dibeberapa kota di Indonesia baik hujan ringan, sedang hingga intensitas hujan yang cukup lebat.

Hujan dengan intensitas yang cukup lebat bisa menimbulkan berbagai masalah seperti rumah bocor, pohon tumbang, serta banjir.

Lalu, hal apa saja yang perlu dipersiapkan dan diperhatikan menjelang musim hujan?

1. Rutin Membersihkan Saluran Air

Saat musim hujan datang, curah hujan tinggi yang berlangsung dalam waktu lama akan berpotensi menyebabkan banjir, terlebih lagi jika sistem drainase atau penyaluran air di sekitar rumah tidak diperhatikan dengan baik. Saluran pembuangan air atau selokan yang ada di sekitar rumah wajib dibersihkan secara berkala, setidaknya dua minggu sekali menjelang musim penghujan agar daya tampungnya maksimal. Periksalah saluran air dengan baik. Jika terdapat sumbatan endapan lumpur dan sampah, segera bersihkan karena dapat menghambat laju air yang akan memicu terjadinya banjir. 

Oleh karena itu, sangat baik jika kita mengajak seluruh lapisan masyarakat di lingkungan rumah untuk ikut kerja bakti membersihkan lingkungan sekitar, terutama saluran air.

2. Pangkas Tanaman

Musim hujan yang panjang dapat membuat tanaman tumbuh dengan cepat. Tanaman menjadi rimbun dan berpotensi menjadi sarang nyamuk dan serangga lain. Selain itu, pohon-pohon besar yang sudah tua juga berisiko tumbang.

Karena itu, pangkas semua tanaman dan pohon-pohon di sekitar rumah, utamanya saat mendekati musim penghujan. Dijamin rumah menjadi lebih nyaman, aman, dan rapi.

Halaman:

Editor: Dudy Supriyadi

Artikel Terkait

Terkini

Ternyata Kinerja Ekspor Indonesia Catat Rekor, Wow

Kamis, 16 September 2021 | 15:27 WIB

Kisah Peternak Ayam Ditangkap Polisi Karena Poster

Selasa, 14 September 2021 | 10:46 WIB

Kasus Covid-19 di Cilengkrang Turun Drastis

Senin, 13 September 2021 | 22:47 WIB
X