• Senin, 29 November 2021

Sebar Informasi Megawati Sedang Sakit, PDI Perjuangan Polisikan HA

- Selasa, 14 September 2021 | 10:33 WIB
Pengurus DPC PDI Perjuangan dan BBHAR berfoto bersama usai melaporkan HA kepada pihak kepolisian
Pengurus DPC PDI Perjuangan dan BBHAR berfoto bersama usai melaporkan HA kepada pihak kepolisian

FOKUS BERITA, BogorDiduga menyebar informasi bohong (hoaks) Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDI Perjuangan Kabupaten Bogor melaporkan HA dan akun YouTube Mahakarya Cendana ke Polres Bogor, Senin (14/9/2021).

Dihubungi melalui WhatsApp, Ketua PDI Perjuangan Kabupaten Bogor, Bayu Syahjohan mengatakan, HA membuat serta menyebar berita hoaks Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Sokearnoputri tengah sakit. Padahal, kata Bayu, Presiden ke 5 itu dalam kondisi sehat.

“Benar, kemarin kita laporkan HA ke Polres Bogor. PDI Perjuangan Kabupaten Bogor melaporkannya melalui BBHAR. Selanjutnya kami serahkan sepenuhnya kepada kepolisian,” kata Bayu, Selasa (14/9/2021), seraya meminta izin menutup telepon dengan alasan tengah rapat.

Selang beberapa lama kemudian, Bayu mengirimkan keterangan tertulis yang isinya, masyarakat Indonesia, khususnya di Jawa Barat beberapa hari terakhir ini dikejutkan beredarnya informasi yang dihadirkan oleh pemberitaan baik di media online, media elektronik, dan media cetak termasuk media sosial lainnya yang secara luas memberitakan tentang Megawati Soekarno Putri.

“Informasinya begitu liar, negatif dan merugikan baik secara pribadi, keluarga maupun secara kelembagaan Partai. Pasalnya, informasinya mengabarkan bahwa Ketum kami, Hj. Megawati Soekarno Putri dikabarkan telah sakit dengan kondisi koma di RSPP (Rumah Sakit Pusat Pertamina), Jakarta, padahal beliau sehat,” tulias Bayu.

Dia melanjutkan, PDI Perjuangan Bogor melalui Badan Bantuan Hukum dan Advokasi Rakyat (BBHAR)  telah melaporkan pihak yang menyebarkan hoaks tersebut ke Polres Bogor, dengan harapan dapat ditindaklanjuti sesuai hukum yang berlaku.

“Pelaku yang diduga menyebar hoaks tersebut ialah Hersubeno Arief (HA), dan ada akun youtube berna Mahakarya Cendana, yang juga diadukan ke pihak kepolisian. Kabar tersebut menjadi meluas dan tersebar massif ketika setelah disampaikan dan dipublikasikan oleh HA dan kemudian dijadikan referensi oleh semua media dan tentunya membuat heboh masyarakat Indonesia,” tandas Bayu.

Editor: Bonni Hermawan

Tags

Terkini

X