• Senin, 29 November 2021

Kota Bogor Bakal Punya Trem, Erick Thohir Apresiasi

- Senin, 13 September 2021 | 17:39 WIB
Erick Thohir Menteri BUMN (Dok/istimewa)
Erick Thohir Menteri BUMN (Dok/istimewa)

FOKUS BERITA - Akhir pekan lalu, Menteri BUMN Erick Thohir bertemu Wali Kota Bogor  Bima Arya,  dalam kesempatan tersebut  Bima mempresentasikan rencana pembangunan trem sebagai moda transportasi penyambung kereta ringan light rail transit (LRT).

Erick  mengapresiasi langkah Pemkot Bogor dalam merencanakan pembangunan trem untuk menunjang hadirnya LRT dalam beberapa tahun mendatang.

“Kadang kadang kita terjebak Covid saja padahal pasca covid itu penting. Pasca covid adalah pembangunan infrastruktur ekonomi dan juga kesehatan,” kata Erick, di Balai Kota Bogor, Sabtu  (11/9/2021).

Ia menilai, Kota Bogor dengan Jakarta sangat berkaitan, tidak hanya dari sisi ketergantungan ekonomi tetapi juga dari sisi commuter atau perputaran orang. Dengan demikian, bagaimana nantinya transportasi terpadu ini bisa mendukung ekonomi dan dari sisi pergerakan orangnya.

Baca Juga: Gubernur Anies Kecebur Got Dibawa Ketawa Aja , Viral di Medsos

“Saya langsung menyambut baik, apalagi kami di kementerian ditugaskan membangun LRT dan saya rasa sudah seyogyanya LRT itu terus bersambung kepada trem yang akan dibangun di Kota Bogor ini. Yang saya rasa hal hal yang signifikan bagaimana infrastruktur ini harus terus dibangun,” tambah Erick.

Wali Kota Bogor, Bima Arya menyebut sudah menyampaikan hasil kajian atau feasibility study (FS) kepada Menteri BUMN. Mulai dari konsep, hingga anggaran yang dibutuhkan sebesar Rp 1,6 triliun.

Dari hasil paparan tersebut, sambung dia, Menteri BUMN menyarankan agar Bima Arya segera menyampaikan wacana ini ke Presiden RI dan kementerian terkait. Sebab, masih ada dua hal yang harus diselesaikan. Yakni terkait pendanaan dan kelembagaannya.

“Saya sudah laporkan ke presiden, tinggal dicari waktunya dengan dikoordinasikan dengan menteri terkait supaya bisa segera disepakati model pendanaannya. Itu yang paling penting,” ujar dia.

Kendati demikian, Bima Arya mengatakan ada banyak celah terkait pendanaan. Misalnya, BUMN yang fokus membangun shelter pada Transit Oriented Development (TOD)-nya. Termasuk juga kemungkinan PT Kereta Api Indonesia (KAI) yang bisa menjadi operatornya.

Halaman:

Editor: Deetje Darmaputra

Tags

Terkini

Kota Bogor Bakal Punya Trem, Erick Thohir Apresiasi

Senin, 13 September 2021 | 17:39 WIB

Pemkot Bandung Tingkatkan Kualitas Transportasi Publik

Kamis, 9 September 2021 | 15:04 WIB

Selamatkan 203 Aset, Pemkot Bandung Gandeng KPK

Rabu, 8 September 2021 | 14:56 WIB

Cecep Tewas di Ujung Pisau Temanya

Selasa, 7 September 2021 | 15:35 WIB

Prostitusi Online di Bandung Dibongkar Polisi

Selasa, 7 September 2021 | 15:12 WIB
X